Ini nih 7 Sirkuit Terpanjang Di Dunia
SIRKUIT merupakan sebuah arena berbentuk jalan yang diberi aspal dan berliku dengan panjang tertentu yang digunakan khusus untuk olahraga automotif seperti f1, motogp, wsbk, dll . Ada banyak sirkuit yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai karakteristik salah satunya adalah panjang lintasannya. Berikut 7 sirkuit balapan dengan lintasan terpanjang versi circle motosport
1. Sirkuit pescara
Sirkuit Pescara adalah jalur balap sepanjang 16.032 mil (25,8 km) di dekat Pescara, Italia. Sirkuit ini merupakan sirkuit yang cukup panjang untuk ukuran waktu saat itul, mengalahkan sirkuit lainnya seperti Nurburgring.
Jalanannya sempit dan bergelombang. Seperti banyak sirkuit panjang, Pescara sangat berbahaya.
Jalur yang panjang menyusuri sejumlah desa di dekat kota Pescara, mengikuti bentuk segitiga kasar dengan sudut-sudutnya di kota tepi pantai Pescara, ke barat ke pedalaman Cappelle sul Tavo, lalu ke timur laut ke kota pantai Montesilvano sebelum kembali ke Pescara.
Balapan pertama berlangsung pada tahun 1924 dan balapan Formula Satu non-kejuaraan diikuti pada awal tahun 1950an, dengan satu kejuaraan Formula one untuk Kejuaraan Dunia pada tahun 1957. Grand Prix Pescara menarik lebih dari 200.000 penonton, dan tetap menjadi sirkuit terpanjang dalam hal Jarak tempuh yang pernah digunakan untuk balapan formula one. Tapi sirkuit itu ditakuti bahkan oleh Enzo Ferrari, yang tidak mengirim mobilnya ke lomba ini karena takut keselamatan pengemudinya.
Trek ini adalah sirkuit F1 pertama dengan chicane buatan, yang dibangun pada tahun 1934 pada start-finis langsung untuk mengurangi kecepatan di pit.
Balapan terakhir trek ini adalah lomba Kejuaraan Dunia Olahraga Mobil empat jam pada tahun 1961, dimenangkan oleh Lorenzo Bandini dan Giorgio Scarlatti. Setelah balapan tersebut, sirkuit tersebut secara permanen dipensiunkan sebagai tempat balap karena tidak mungkin penyelenggara menjamin keselamatan pengemudi dan penonton.
2. Sirkuit Spa-Francorchamps (1939–1978)
Sirkuit Spa-Francorchamps merupakan sirkuit balapan yang terletak di Stavelot, Belgia. Sirkuit ini pertama kali menyelenggarakan Grand Prix Belgia Formula Satu sejak tahun 1925 (kecuali tahun 1984, 2003, dan 2006). Sirkuit ini banyak disebut pembalap sebagai salah satu sirkuit paling menantang dari semua sirkuit balap F1 yang pernah ada. Bagi para fans, sirkuit ini juga menjadi sirkuit paling populer karena lokasinya yang berada di tengah hutan pedalaman.
Selain F1, sirkuit ini juga menyelenggarakan Spa twenty four hours, Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA Spa-Francorchamps six hour, dan TCR Spa 500. Spa juga menjadi rumah Uniroyal Fun Cup Spa 25 jam, salah satu perlombaan motor terpanjang di dunia.
Meskipun nama sirkuit ini Spa, tetapi sirkuit ini tidak terletak di Spa. Sirkuit ini berada di sekitar kota Francorchamps di dalam perbatasan kota Stavelot, dengan bagian di dalam Malmedy.
Sirkuit ini sudah banyak melakukan renovasi, sebelum perang dunia 2 sirkuit ini memiliki panjang 9.31 mil atau 14.9 km dengan 25 tikungan. Namun sekarang sirkuit ini hanya memiliki panjang 7 km saja dengan 19 tikungan.
3. Neraka Hijau Nurburgring, jerman
Nürburgring merupakan sirkuit yang terletak di Nürburg, Rheinland-Pfalz, Jerman bagian barat. Sirkuit ini memiliki panjang 5,148 km. Dipakai untuk balapan Formula Satu, 100km Nürburgring, Nürburgring 24 Jam, DTM, GP2, dan Formula 3.[1] Di Formula Satu, kini digunakan untuk Grand Prix Jerman dan Grand Prix Eropa. Bagian terpanjang dari sirkuit ini terletak pada area nordschleife.
Nordschleife memiliki panjang sebesar 20.81 kilometer dengan 154 tikungan (sebelum 1982 sebesar 22.8 kilometer dengan 160 tikungan). Karena panjangnya, pembalap F1 asal Skotlandia Jackie Stewart menyebut Nordschleife sebagai "The Green Hell" (neraka hijau)[2] dan sering digunakan untuk pengujian berbagai model mobil.[3]
Selain untuk arena balap dan uji mobil, Nürburgring juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival musik rock terbesar di jerman yakni ROCK AM RING.
4. Sebring internasional raceway Florida
Sebring International Raceway adalah fasilitas balap yang terletak di dekat Sebring, Florida. Sebring Raceway adalah salah satu trek balap tertua yang beroperasi secara terus menerus di Amerika Serikat, balapan pertamanya dijalankan pada tahun 1950. Sebring adalah salah satu trek balap klasik di balapan mobil sport Amerika Utara, dan menjadi tuan rumah bagi twelve hours Sebring.
Trek balap ini menempati sebagian Bandara Regional Sebring, sebuah bandara aktif untuk lalu lintas pribadi dan komersial yang pada awalnya dibangun sebagai Hendricks Army Airfield, basis pelatihan Perang Dunia II untuk Angkatan Udara Angkatan Udara A.S.
Pada tahun 1967-1982 Jalur balap ini panjangnya kurang dari 5,2 mil atau 8.36 km dengan total 17 tikungan.
Sebring terkenal dengan lintasan sirkuitnya yang kasar dan sering menimbulkan percikan api dari bagian bawah mobil. Sirkuit ini menggelar Satu-satunya event Formula 1 pada tahun 1959 sebelum akhirnya ditiadakan karena kurangnya kehadiran penonton dan tingginya biaya perawatan. Sirkuit ini juga menggelar balapan Sebring 1000 Mil pada 2019
5. Sirkuit Reims-Gueux, prancis
Reims-Gueux adalah jalur balap Grand Prix yang terletak di Gueux, 7,5 km barat Reims di wilayah Champagne di utara-timur Prancis, didirikan pada tahun 1926 sebagai tempat lomba kedua untuk Grand Prix de la Marne.[1][2] Tata letak segitiga jalanan umum membentuk tiga sektor antara desa Thillois dan Gueux di perempatan La Garenne / Gueux di Route Nationale 31.
Sirkuit yang memiliki panjang 5.187 mil atau sekitar 8.327 km dengan total 7 tikungan ini dikenal sebagai yang tercepat di dunia karena dua trek lurusnya (dengan panjang masing-masing sekitar 2 km g yang memungkinkan kecepatan mobil maksimum di trek lurus, sehingga banyak pertempuran slipstream yang terkenal. Sirkuit ini pernah menggelar balapan f1 grand Prix de la marne, french grand Prix twelve hours of reims.
Sirkuit balap ini ditutup operasinya pada 1972 karena kesulitan keuangan yang mengakhiri sejarah sirkuit berusia 44 tahun itu.
6. Sirkuit AVUS (Automobil-Verkehrs-und Ubungsstrabe) Berlin, Jerman
Automobil-Verkehrs- und Übungs-Straßeatau lebih dikenal dengan nama AVUS, merupakan jalan umum yang terletak di Jerman Barat tepatnya di dekat kota Berlin. Dibuka di tahun 1921, AVUS merupakan Jalan tol tertua di Eropa. Sirkuit ini memiliki panjang 8,3 km dengan 4 tikungan dan sempat menjadi tuan rumah Grand Prix Jerman pada era 1950-an. Sirkuit ini sendiri telah dibuka sejak tahun 1907 dan kerap kali dipakai balapan mobil.
Di tahun 1907 asosiasi Kaiserlicher Automobilclub (KAC) merencanakan membangun sebuah sirkuit, sebagai tempat motor-sport dan tempat pengetesan untuk industri mobil. Sebuah perusahaan pengembang didirikan di tahun 1909; namun, gangguan finansial dan perizinan resmi memperlambat pembangunan sampai musim semi 1913. Saat Perang Dunia I pekerjaan terhambat, dan meskipun tahanan perang Tentara Rusia Imperial ikut bekerja membangun AVUS, sirkuit ini masih belum selesai. Dari 1920 pekerjaan yang tersisa dibiayai oleh pebisnis dan politisi Hugo Stinnes. Sirkuit tersebut, termasuk bangunan gerbang dan beberapa tribun, diresmikan di International Automobile Exhibition (IAA) pasca perangdengan balapan di 24 September 1921. Setelah itu jalan ini dibuka untuk umum dengan biaya masuk sepuluh Mark. Trek balap sirkuit ini memiliki bentuk tidak biasa karena hanya berupa dua lintasan lurus dengan ujung jepit rambut di setiap ujungnya. Operasi sirkuit ini berakhir pada 1999.
7. Sirkuit Charade, Clermont-Ferrand, Prancis
Circuit de Charade atau Sirkuit Charade, yang juga dikenal dengan Sirkuit Louis Rosier dan Sirkuit Clermont-Ferrand, adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Saint-Genès-Champanelle dekat Clermont-Ferrand, Prancis.[1][2] Sirkuit yang dibangun di sekitar dasar gunung berapi yang sudah tidak aktif itu terkenal dengan tata letaknya yang menantang yang disukai pembalap sepeda motor dan pembalap mobil yang paling handal. Trek dengan panjang 8 km dengan total 48 tikungan ini pernah menjadi tuan rumah Grand Prix Prancis untuk ajang formula one sebanyak empat kali, dan Grand Prix Sepeda Motor Prancis sebanyak sepuluh kali.
Jim Clark dari Lotus 25, menjadi pemenang pertama sekaligus yang terakhir di Sirkuit Clermont-Ferranf pada F1 1965 sebelum kembali pada 1969-1970, dan 1972.
Itulah sirkuit-sirkuit terpanjang di Dunia, apakah kalian ingin balapan di sana?
Tulis komentar kalian
Komentar
Posting Komentar